Monday, July 22, 2013

Fakta Vs Pendapat


Wah adakah yang mencari2 dimana keberadaan saya? Kenapa saya jarang posting di blog akhir2 ini? Wohohoho.. Sebenarnya saya sedang stres karena Trading saya sedang floating sekitar -500. Menyebabkan saya berkonsentrasi terus di depan Meta Trader. Dan sekarang saya lebih mencoba untuk menikmati hidup, tidak melulu ngejar uang.

Namun artikel ini tidak ada hubungannya dengan forex, melainkan artikel fakta dan pendapat. Saya masih heran dengan orang-orang yang belum memahami soal Fakta dan Pendapat. Duluuuuuuuu sekali waktu saya masih SMA kelas 1, temen saya ada yang ditanyain sama cewek.
"Eh, aku cantik pake kerudung apa enggak sih?"
"Diam seribu bahasa.. krik krik krik.." Temen saya gak jawab.

Nah di kasus ini -menurut kami- si cewek adalah jelek walau bagaimanapun. Kalau saya bilang dia jelek, dan teman saya juga bilang jelek, maka itu adalah pendapat bukan berarti itu menjadi fakta mentang2 yang bilang jelek 2 orang (padahal banyak yang bilang). bisa saja menurut orang lain dia cantik, Wallahu a'lam.

Kalo saya bilang si A cantiknya luar biasa, belum tentu orang lain akan setuju dengan pendapat saya karena memang pendapat itu bersifat subjektif. Dan kalo saya bilang si B itu jelek ya ini pendapat saya, ini penilaian saya. yang menyalahkan pendapat seperti ini tidak lain hanya orang2 tidak berpendidikan karena inilah kesubjektifan.

kalau fakta itu seperti "Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara". Itu namanya fakta. Yang bilang itu pendapat pasti pelajaran Matematikanya dapet nilai merah!!
Hadeh laper saya jadi gak bisa mikir.
Udah dulu deh.



Penulis : Rivan Tampan dan Menawan

No comments:

Post a Comment